PARTNER

Rabu, 10 November 2010

Perbedaan cd interaktif dengan cd pembelajaran

A. Latar Belakang
Dalam beberapa tahun belakangan ini perkembangan teknologi informasi sangat cepat, sehingga perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi. Masyarakat tidak lagi terbatas pada informasi dari surat kabar dan majalah, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui media elektronik.

Salah satu bidang ilmu yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi adalah bidang pendidikan, misalnya penerapan e-media dalam pembelajaran. E-media adalah sarana teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran. Disini E-media bukan berarti hanya sekedar meletakkan materi ajar pada sebuah Compact Disc (CD) tetapi juga skenario pembelajaran perlu disiapkan dengan matang untuk mengundang keterlibatan peserta didik secara aktif dan konstruktif dalam proses belajar mereka.

Kombinasi antara pertemuan secara tatap muka dengan pembelajaran elektronik dapat meningkatkan kontribusi dan interaksi antar peserta didik. Melalui tatap muka peserta didik dapat mengenal sesama peserta didik dan guru pendampingnya. Persiapan yang matang sebelum mengimplementasikan sebuah pembelajaran berbasis multimedia memegang peran penting demi kelancaran proses pembelajaran. Segala persiapan seperti penjadwalan sampai dengan penentuan teknis komunikasi selama proses pembelajaran merupakan tahapan penting dalam melaksanakan pembelajaran elektronik.

Pembelajaran dengan media CD Interaktif dapat dilakukan di perguruan tinggi, karena media konvensional seperti slide/transparan  sudah mulai di tinggalkan. E-media CD Interaktif membuat waktu pembelajaran lebih singkat dan biaya studi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Fisika Teknik I merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro. Pembelajaran Fisika Teknik masih menggunakan media berupa transparansi OHP dan slide, serta menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan praktikum. Survei awal terhadap pelaksanaan perkulihan fisika teknik menunjukkan bahwa: mahasiswa pasif dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, masih banyak mahasiswa yang belum optimum dalam menyelesaikan tugas, rata-rata hasil belajar mahasiswa dalam Fisika Teknik I masih rendah. Fisika Teknik I merupakan dasar bagi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro untuk dapat mengikuti mata kuliah bidang studi Teknik Elektro. Namun kenyataannya hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Teknik I masih rendah. Kemungkinan penyebab dari rendahnya hasil belajar mahasiswa tersebut adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa adalah metode pembelajaran berbasis komputer dengan media CD interaktif. CD interaktif pembelajaran Fisika Teknik I terdiri dari informasi dirancang secara sistematis dan terprogram sesuai dengan kurikulum, CD interaktif ini dipaket ke dalam sebuah CD. Informasi tersebut terdiri dari materi yang terprogram, simulasi dan animasi, serta kumpulan soal-soal yang dan pembahasannya yang dibuat attraktif.
Berdasarkan latar belakang di atas perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh e-media CD interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa dalam kuliah Fisika Teknik I di Jurusan Teknik Elektro FT UNP.

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :
  1. Masih banyak mahasiswa yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar yang diinginkan belum tercapai.
  2. Masih banyak mahasiswa yang kurang motivasi belajarnya sehingga belum tercapainya hasil belajar yang diinginkan.
  3. Rata-rata hasil belajar mahasiswa dalam Fisika Teknik I masih rendah.
C. Pembatasan Masalah
Dari masalah yang sudah diidentifikasi maka perlu membatasi permasalahan pada penggunaan e-media CD intraktif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. CD interaktif pembelajaran Fisika Teknik I terdiri atas informasi terprogram yang dipaket ke dalam sebuah CD. Informasi tersebut terdiri atas materi kuliah yang terprogram, simulasi dan animasi, serta  kumpulan soal-soal dan pembahasannya yang dibuat sedemikian rupa sehingga pembelajaran menjadi menarik dan bermakna.

D. Rumusan Masalah
E-media CD interaktif merupakan salah satu media pembelajaran berbasis elektronik. Pembelajaran dengan media ini dapat dilaksanakan di program studi Pendidikan Teknik Elektro karena tersedianya fasilitas berupa ruangan komputer sebagai tempat pembelajaran. Pembelajaran dengan penggunaan CD interaktif lebih menarik karena adanya media pembelajaran berupa animasi, movie (slide video), dan suara yang sudah diprogram. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah dijelaskan di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pengaruh implementasi e-media CD interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Teknik I ? Untuk lebih operasional maka rumusan masalah dirinci menjadi pertanyaan penelitian, sebagai berikut:
  1. Bagaimana peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Teknik I setelah melaksanakan pembelajaran dengan e-media CD interaktif?
  2. Bagaimana perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata kuliah Fisika Teknik I?
  3. Bagaimana perbedaan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata kuliah Fisika Teknik I?
  4. Bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap implementasi e-media CD interaktif?
E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui:
  1. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Teknik I setelah melaksanakan pembelajaran dengan e-media CD interaktif.
  2. Perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata kuliah Fisika Teknik I.
  3. Perbedaan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata kuliah Fisika Teknik I.
Source : http://makalahjurnal.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates