PARTNER

Minggu, 08 April 2012

Apa itu EVDO?

Jaringan EVDO / EV-DO atau Evaluation-Data Optimized adalah sebuah standar telekomunikasi tanpa kabal yang di optimisasikan untuk akses internet broadband. EVDO menggunakan teknologi multiplexing dan juga CDMA (Code Division Multiple Access).


Apa itu EVDO? Evdo (Evolution Data Only / Evolution Data Optimized) adalah teknologi koneksi data / internet berbasis CDMA. Dengan EVDO Generasi 3.5 (Rev A) sebagai generasi teranyarnya. Konon ini merupakan teknologi terbaru (sblmnya Rev 0 / 1x). Di dunia sampai saat ini baru 2 operator yg menggunakan teknologi ini, yaitu Sprint dan Verizon dari AS. Dan di Asia Tenggara baru Indonesia yg meluncurkan teknologi ini karena rata2 Operator CDMA masih menggunakan Rev 0 / 1x.

Smart Telecom hadir untuk memberikan sebuah layanan selular terdepan, inovatif, bernilai lebih dengan kualitas mengagumkan dengan menggunakan teknologi CDMA2000 1X EVDO REV-A dan REV-B yang memungkinkan komunikasi seluler dengan suara yang jernih dan akses data berkecepatan tinggi kepada masyarakat Indonesia.

Untuk mencapai visi tersebut, Smart Telecom berkomitmen untuk membangun jaringan berkualitas dunia di tanah air, membangun organisasi yang berbasis pada pelanggan, fleksibel dan cepat, serta memberikan nilai lebih pada jumlah uang yang dikeluarkan pelanggan dan menjembatani teknologi digital.


Berikut comparison EVDO dan HSDPA:
TECHNOLOGY ASPECT – EVDO Rev A & HSDPA Rel 5
NO
DESCRIPTION
EVDO REV A
HSDPA Rel 5
1
Spectral Frequency
1.25 MHz
5 MHz
2
Data Downlink Throughput
3.100 Kbps
3.600 Kbps
3
Data Uplink Throughput
1.800 Kbps
384 Kbps
4
Round Trip Delay
50 ms
110 ms
Dari data di atas dapat dilihat bahwa, dengan menggunakan frekuensi ¼ resources lebih kecil dari HSDPA, EVDO memiliki kemampuan kecepatan downlink yang berimbang jika dibandingkan dengan HSDPA. Downlink adalah proses transfer data dari internet ke PC user dan Uplink sebaliknya. Speed downlink selalu lebih besar dari pada uplink karena downlink mengirimkan data yang lebih besar quotanya.
Pada teknologi EVDO voice ama datanya terpisah kanal, sehingga tidak mengganggu each other, tp kalo di HSDPA, yg ada sharing voice dan data. akibatnya begitu traffic voice up, secara otomatis traffic data lgsg down.
ttg QoS (Quality of Services, by default pd EVDO sudah otomatsi ada seangkan pada HSDPA ttdk. QoS adalah added services dr operator tsb.

Source : http://yuhdaa.wordpress.com or http://galihfree4all.blogspot.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates