PARTNER

Senin, 27 Juni 2011

Apa Itu Spanel ?

Pagi-pagi ada orang telphon, suruh benerin web yang ditinggal sama pembuatnya. saya ndak pikir panjang lebar, langsung saya minta user sama passnya. jreeeeeeeeeeeeeeeeeeng….jreeeeeeeeeeeng…
ternyata tidak menggunakan Cpanel yang biasanya saya gunakan. terus pakai apa??? ternyata dia menggunakan SPNEL. Spanel itu apa yaaa??? berfikir sejenak…dan terus gogoling…. dan akhirnya menemukan sebuar artikel dari Forum IT. yang sering saya kunjungi.. hehehehe :)
dan Pengertiannya sebagai berikut.

SPanel adalah panel kontrol hosting yang digunakan dan dikembangkan sendiri oleh MWN. Walaupun juga menawarkan layanan hosting dengan server berbasis panel kontrol lain seperti cPanel dan Plesk, MWN hingga kini masih aktif juga menggunakan Spanel untuk server-server hostingnya maupun banyak server internal/publik lainnya. Hal ini dikarenakan karena Spanel dikembangkan sesuai dengan fitur dan kebutuhan MWN.


Beberapa keunikan Spanel dibandingkan panel kontrol lain (komersil maupun gratis) hingga saat ini:
* Berbasis Debian. Tidak banyak panel kontrol hosting yang mendukung Debian, apalagi yang komersial. Padahal, MWN banyak menggunakan Debian sebagai platform sistem operasi server yang sudah teruji dan familiar.
* Fitur keamanan. Beberapa fitur keamanan yang dikembangkan di Spanel: eksekusi terproteksi dengan cgi-USER, RBL untuk skrip CGI, wrapper Sendmail yang lebih ketat, SMTPD yang memiliki fitur filtering/blacklisting lebih banyak, dll.
* Opsi eksekusi PHP. Beberapa fitur PHP di Spanel: php.ini per subdomain/per situs, opsi untuk memilih PHP4 dan PHP5, opsi untuk memilih modus CGI atau modus modul Apache.


* Backup dengan histori s.d. 3 bulan. Lihat artikel ini untuk detilnya: Backup di server. Di banyak panel kontrol hosting lain, sistem backupnya tidak sebanyak ini, misalnya cPanel hanya 1 harian + 1 mingguan + 1 bulanan. Spanel juga menyediakan interface berbasis web agar user hosting biasa dapat melakukan restore dari backup maupun dari histori backup, sehingga mengurangi beban staf support.

* FastCGI. Lihat artikel ini untuk detilnya: FastCGI (Spanel).
Singkat kata, pihakk management dapat menyesuaikan Spanel dengan kebutuhan (MWN) dan pelanggan-pelanggannya. MWN juga dapat memberikan dukungan teknis terbaik untuk Spanel karena Spanel MWN kembangkan sendiri.

Kesimpulannya: Spanel bisa dibilang lebih mudah atau sebaliknya, tergantung terbisa atau tidak kita menggunakannya. dan ada kelebihan2 didalam spanel maupun cpanel. Lebih jelasnya tunggu postingan berikutnya….

Source : http://nurmanto.com/pengertian-spanel/
Share:

1 komentar:

Blog Archive

Blogger templates