PARTNER

Senin, 12 Juli 2010

Apa itu hiberfil.sys dan Bagaimana Cara Menghapusnya?

Jika harddisk anda dipenuhi dengan banyak file yang bernama hiberfil.sys, maka tentunya hal tersebut sangat menyebalkan karena ukurannya lumayan besar sehingga menghabiskan kapasitas harddisk sebab seharusnya harddisk bisa dipakai untuk file2 penting akhirnya harus berkurang karena file hiberfil.sys tersebut.
Sebelumnya untuk menghapusnya kita perlu mengetahui dulu apa itu file hiberfil.sys?



Windows memiliki dua mode manajemen daya yang dapat Anda pilih dari satu adalah Sleep Mode, yang membuat PC berjalan dalam keadaan power yang rendah sehingga Anda dapat langsung kembali disaat anda belum mengaktifkan mode sleep ini. Yang kedua adalah mode hibernate, tapi jika anda menggunakan mode mode hibernate, maka memori akan langsung ditulis langsung ke harddisk, sehingga jika Anda menggunakan laptop, anda melepas baterainya dan memasangnya untuk menghidupkannya dan anda langsung akan dibawa ke keadaan sebelum anda menggunakan mode hibernate tersebut. Oleh sebab itu bagi yang sering menggunakan mode hibernate, banyak dijumpai file hiberfile.sys. Mode Hibernate menggunakan hiberfil.sys file untuk menyimpan kondisi saat ini (memori) dari PC, dan itu dikelola oleh Windows, jadi Anda tidak dapat menghapus file tersebut secara langsung, melainkan anda harus menonaktifkan mode hibernate terlebih dahulu.

Mendisable mode hibernate dan menghapus file hiberfil.sys di Windows 7 dan Vista.

Buka command prompt dan jalankan sebagai administrator, lalu ketikkan perintah berikut dan tekan Enter
powercfg -h off

Anda bisa melihat di menu shutdown bahwa mode hibernate sudah tidak muncul

Anda juga bisa melihat bahwa file hiberfil.sys sudah hilang

Mendisable Hibernate di Windows XP

Untuk Windows XP cara mendisable fitur hibernatenya lebih mudah, anda tinggal masuk ke Control Panel–>Power Options dan kemudian klik tab Hibernate.

Hilangkan tanda centang pada Enable Hibernation, kelik OK dan reboot komputer anda dan anda dapat menghapus file hiberfil.sys
Selamat mencoba :D

Source : https://www.adipedia.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates