PARTNER

Selasa, 06 Juli 2010

Membuat Program HP dengan Java

Kalau mendengar kata java, banyak orang awam akan berkata “Ow itu kan aplikasi games yang ada di hp-hp bukan?! “. Begitu terkenalnya java dikalangan pengguna handphone, rasanya keren juga kalo bisa membuat aplikasi berbasis java yang dapat berjalan di sebuah perangkat wireless seperti handphone. Nah untuk itu, pada postingan kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat aplikasi sederhana dengan Java (Java ME). Saya langsung mulai saja dengan contoh berikut ini:



import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

/**
 * @author mylove
 */
public class MyUser extends MIDlet implements CommandListener{
    private Display display;
    private TextBox tb;
    private Command cmdKeluar;

    private void inisialisasi(){
        display = Display.getDisplay(this);
        tb = new TextBox("Sample","",256,0);
        cmdKeluar = new Command("Keluar",Command.EXIT,0);
        tb.addCommand(cmdKeluar);
        display.setCurrent(tb);
        tb.setCommandListener(this);
    }
    public void startApp() {
        inisialisasi();
    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }

    public void commandAction(Command arg0, Displayable arg1) {
        if (arg0==cmdKeluar) {
            destroyApp(false);
            notifyDestroyed();
        }
    }
}
Hal terpenting yang harus anda perhatikan bila membuat aplikasi java di handphone adalah class yang anda buat harus merupakan turunan dari class MIDlet. Inilah ciri kas dari program HP sehingga sebutan aplikasi atau program di hp sering juga disebut dengan MIDlet. Karena class MIDlet adalah sebuah class abstrak maka anda harus melakukan implementasi metode-metode yang ada pada class MIDlet seperti metode startApp, pauseApp, dan destroyApp. Kegunaan masing-masing metode tersebut dapat anda baca di sini.

Selanjutnya perhatikan metode bernama inisialisasi. Pada metode tersebut saya membuat object TextBox berjudul sample yang akan menampilkan sebuah editor text bila anda menjalankan program ini. Selain TextBox saya juga menambahkan object command yang bernama cmdKeluar. Object tersebut berfungsi untuk keluar dari aplikasi yang sedang aktif. Lalu bagaimana object command ini menerapkan perilakunya ketika ditekan oleh user dapat dilihat pada metode bernama commandAction yang tak lain merupakan metode milik class CommandListener. Pada metode tersebut terdapat 2 parameter yang bertipe Command dan Displayable. Di dalam metode terdapat kode yang bila diartikan ke dalam bahasa manusia adalah “Jika tombol yang ditekan oleh user adalah merupakan object dari class cmdKeluar maka jalankan metode destroyApp dan notifyDestroy.

Hasil dari MIDlet sederhana yang saya buat ini dapat anda lihat pada gambar. Sebagai informasi tambahan, saya menjalankan MIDlet tersebut dari editor java bernama Netbeans dengan menggunakan emulator Sony Ericsson W600. Selamat mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentar anda karena komentar anda akan sangat memotivasi saya untuk terus berkarya. Terima kasih.

Source : http://www.dwiprastya.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates