PARTNER

Sabtu, 16 Oktober 2010

Solusi untuk koneksi internet yang sering terputus

Halo teman… Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat, terutama bagi anda yang menggunakan koneksi internet dengan modem.

Biasanya koneksi dengan modem ini sering terjadi disconnect atau koneksi putus secara otomatis. Setahu saya penyebab dari koneksi yang putus ini adalah dikarenakan tidak adanya aktivitas atau data yang keluar masuk. Dengan kata lain kondisi koneksi kita adalah idle.

Karena kondisi yang idle ini, ISP biasanya memutuskan koneksi dengan tujuan untuk menghemat penggunaan bandwidthnya. Kita sudah bisa memperkirakan bagaimana caranya agar koneksi tidak mudah putus. Yup, solusinya adalah harus terjadi data yang keluar masuk pada koneksi kita walaupun keadaan kita sedang idle sekalipun.
\

Solusi pertama kita bisa menggunakan fasilitas ping yang ada di command promptnya windows. Yang petama diakukan adalah buka jendela command prompt dengan membuka run->ketik cmd.
Setelah jendela muncul ketik ping www.google.com -t -l 1.
Nah, diatas merupakan solusi pertama. Namun ping melalui command prompt memiliki banyak kekurangan, antara lain:
  1. Koneksi ping yang lemah
  2. Tidak bisa di minimize
  3. tidak autostartup
Di solusi kedua ini kita gunakan tool tambahan. Namun kerjanya sebenarnya tetap sama, yaitu melakukan aktivitas ping pada server yang dituju. Jadi meskipun kita idle, koneksi tidak mudah terputus. Nama tool ini adalah Utility Ping v2.1.2. Untuk mendownloadnya, silahkan klik link download dibawah ini.
Download | Via server ziddu
Kelebihan tool ini adalah sangat powerfull untuk melakukan koneksi ping, selain itu kita bisa ping di banyak server sekaligus. Dan tentunya apabila di minimize icon tool ini berjalan di system tray.
Untuk screenshotnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
img
Oya, modem yang saya gunakan adalah Venus VT-80n dan ISP-nya adalah Flexinet (Flexi Unlimited). Alhamdulillah setelah menggunakan tool ini, koneksi saya jarang terputus.
Cara ini juga bisa diterapkan pada modem yang menggunakan ISP Smart, Esia, Fren, Flexi, Telkomsel Flash, im3 dan lain sebagainya.

Source : http://dhanang.net
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates