PARTNER

Kamis, 06 Januari 2011

Pengelolaan Kamar Hotel

Sebuah hotel berbintang dalam suatu kota besar yang ramai membutuhkan sebuah
perangkat lunak yang dapat membantu pihak manajemen hotel untuk dapat melayani
pelanggan hotel secara lebih proffesional dan efisien.

Perangkat lunak tersebut harus memenuhi fungsi-fungsi utama sebagai berikut:

• Pengelolaan penggunaan kamar oleh pelanggan, dari proses reservasi, check
in, hingga check out. Untuk proses reservasi, pengunjung dapat memilih kamar
yang diinginkan dengan memperlihatkan opsi pilihan kamar-kamar yang
tersedia
• Pencatatan transaksi-transaksi yang dilakukan oleh pengunjung (biaya
penginapan, minibar, laundry, room food order, dan denda), termasuk
penghitungan harga dan pencetakan data transaksi yang dilakukan oleh
pengunjung yang melakukan check-out
• Pengelolaan data harga penginapan dan service yang terdapat di dalam
kamar, termasuk penambahan/pengurangan jenis kamar, layanan, barang,
dan lain-lain. Fitur ini hanya dapat diakses oleh pengguna yang berhak
melakukan pengelolaan data-data tersebut.
Selain itu, untuk menunjang pengembangan bisnis hotel lebih lanjut, perangkat lunak
juga harus memiliki fitur pembuatan dan pencetakan laporan yang akan diserahkan pada
pihak manajemen eksekutif hotel sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

Adapun data-data yang terdapat dalam laporan minimal harus mencakup:
• Data-data penggunaan kamar harian, mingguan, dan bulanan
• Data-data pengunjung yang menginap
• Rincian transaksi berdasarkan jenis (biaya penginapan, minibar, laundry,
room food order, dan denda) untuk jangka waktu yang dapat ditentukan

Data-data tersebut di samping dapat digunakan sebagai bahan laporan, harus dapat
dikirimkan tiap jangka waktu tertentu kepada sistem yang lebih besar, yaitu Sistem
Pengelolaan Hotel agar dapat diolah lebih lanjut menghasilkan data-data yang lebih
bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates