PARTNER

Minggu, 30 Desember 2012

Apa Itu Kiosk ?

Apa Itu Kiosk? Kiosk adalah sebuah alat yang digunakan sebagai media untuk informasi, transaksi, promosi, internet, tiketing, juke box, dan lain sebagainya. Umumnya berbentuk seperti mesin ATM, para pengguna yang hendak mencari informasi dapat menyentuhkan jarinya pada layar kiosk tersebut untuk melihat informasi yang disajikan.

Bagaimana contoh pemanfaat dari kiosk? Ada banyak contoh pemanfaatan dari Kiosk, diantaranya:

Untuk kebutuhan di Sekolah atau Kampus: para siswa / mahasiswa dapat melihat informasi kegiatan disekolah atau kampus mereka, bisa pula dimanfaatkan untuk mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), melihat nilai ujian, melihat informasi seputar dunia pendidikan, profil guru / dosen, serta informasi lainnya.

Untuk kebutuhan Rumah Sakit : para pengunjung Rumah Sakit dapat memanfaatkan fasilitas Kiosk untuk mengetahui ruangan pasien atau kerabatnya yang akan dijenguk. Bisa pula untuk mengetahui biaya pengobatan ataupun biaya rawat inap, untuk mengetahui profil dokter yang bertugas di Rumah Sakit tersebut, untuk mengetahui fasilitas serta peralatan kedokteran yang ada di dalam Rumah Sakit, serta informasi lainnya. Selain informasi yang disajikan dapat pula digunakan untuk promosi dari farmasi maupun rekanan supplier dari Rumah sakit.

Untuk Kebutuhan Show Room Mobil : Karena lahan perkotaan yang terbatas dan harganya yang mahal, banyak showroom tidak dapat menampilkan / memajang semua jenis kendaraan yang dijualnya didalam showroom tersebut.  Kiosk dapat membantu menampilkan image / gambar serta informasi yang dibutuhkan dari mobil yang tidak tersedia di dalam showroom. Kiosk juga dapat membantu team sales untuk mempresentasikan informasi mengenai cicilan mobil yang diminati pengunjung showroom. Selain itu kiosk juga dapat dimanfaatkan sebagai alat promosi untuk menginformasikan aksesoris maupun kelengkapan spare part   kendaraan seperti oli, busi, lampu, audio, dan sebagainya.

Apa isi dari Kiosk? Kiosk terdiri dari terminal komputer, layar Touch Screen, Enclosure ( Body Casing), serta tambahan device lainnya seperti : Card Reader, Finger Print, Web Camera, Printer, Usb Port, Bar Code Reader, RFID Reader, Modem, serta kebutuhan peralatan lainnya.


Bagaimana cara kerja Kiosk? Hampir sama dengan penggunaan komputer pada umumnya, Kiosk harus di instal Operating Sistem. Bisa menggunakan Windows ataupun Linux. Kemudian diinstal pula software konten yang telah dipersiapkan untuk Kiosk. Karena menggunakan teknologi Layar Sentuh, maka tidak diperlukan mouse lagi untuk melihat fitur-fitur dari konten yang telah dijalankan.  Pengguna bisa langsung menyentuhkan jarinya tepat pada informasi yang ingin dicarinya pada layar Kiosk tersebut.

Apa Maksud Dari Kiosk Sebagai Media Informasi Interaktif? Maksud dari Informasi Interaktif adalah pengguna dapat menggali informasi lebih dalam lagi berdasarkan informasi yang telah dilihat dan disentuhnya dengan jari. Informasi akan berkembang secara detail selama pengguna menggalinya lebih spesific. Tentu saja informasi ini harus diisi dahulu oleh penyedia kontennya. Berbeda dengan informasi yang didapat dari X-Banner yang hanya memberikan informasi searah saja, Kiosk dimanfaatkan sebagai media yang bisa “menjawab” pertanyaan dari penggunanya.

Mengapa orang mau menggunakan Kiosk? Saat ini adalah era informasi, kejadian di manca negara 
dalam hitungan menit sudah dapat di ketahui oleh orang di Indonesia. Kiosk adalah salah satu alat yang dapat memberikan akses informasi bagi orang yang membutuhkannya, sehingga banyak sekali orang yang akan menggunakannya untuk mendapatkan informasi.
 
Apa Benefitnya saya memiliki Kiosk? Selain meningkatkan Prestise, Kiosk sangat membantu dalam memberikan layanan informasi kepada para penggunanya. Apabila pelanggan puas terhadap layanan yang diberikan suatu perusahaan maka akan berdampak positif terhadap sasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.

Bagaimana cara mengisi informasi / konten kedalam Kiosk? Cara yang paling mudah untuk mengisi konten kedalam Kiosk adalah dengan menggunakan USB Flash Disk. Sebelumnya Informasi diolah dulu di back office / Komputer lain, setelah jadi program tersebut bisa langsung di copy kedalam komputer Kiosk melalui media USB Flash Disk.
 
Program apa yang digunakan untuk aplikasi Kiosk? Informasi yang menarik, atraktif serta didukung dengan desain grafis yang “ Eye Catching” tentu akan membuat orang semakin berminat untuk menggunakan Kiosk. Program software apapun dapat digunakan untuk aplikasi Kiosk selama spesifikasi komputer kiosk tersebut masih mendukung. Umumnya untuk grafis yang menarik digunakan program FLASH. Program lainnya yang sering digunakan adalah DELPHI ataupun PHP. Bahkan anda dapat menjalankan Kiosk ini hanya dengan program POWER POINT saja.
 
Apakah Kiosk ini Bergaransi? Apa saja garansinya dan berapa lama masa garansinya? Ya, masa garansi berlaku selama satu tahun.
 
Apakah saya bisa custom desain sesuai kebutuhan saya? Bisa, dengan dukungan mesin berteknologi tinggi yang kami miliki, sangat memungkinkan untuk meng-customize bentuk kiosk yang diinginkan.

Apa jenis touch screen yang digunakan? Ada banyak jenis teknologi touch screen yang beredar dipasaran. Diantaranya adalah teknologi 4Wire, 5Wire (Resistivie), Sound Accoustic Wave (SAW), Infrared, Dispersive Signal Technology (DST), dan Capasitive. Keterangan masing-masing kelebihan dan kelemahan pada teknologi touchscreen dapat dilihat pada lampiran. Sedangkan produk yang banyak digunakan Trukiosk adalah Touch Screen 5Wire untuk ukuran 17”, dan Teknologi Dispersive Signal Technology untuk ukuran 32”.

Berapa lama proses order Kiosk? Umumnya waktu order kiosk sejak proses pemesanan hingga delivery adalah 4 minggu untuk produk yang sudah tersedia. Apabila dibutuhkan modifikasi kiosk maka waktu yang dibutuhkan sekitar 6 minggu. Bila membuat bentuk yang benar-benar baru maka waktu yang dibutuhkan adalah 8 minggu.

Apa spesifikasi komputer yang digunakan? Spesifikasi komputer yang digunakan adalah berdasarkan kebutuhan penggunaan aplikasi kiosk. Bila membutuhkan aplikasi database serta tampilan yang cukup berat kami merekomendasikan penggunaan CPU Industrial PC Aopen. Sedangkan untuk tampilan informasi dengan program yang ringan maka cukup menggunakan CPU Intel Atom.

Spek Industrial PC Aopen: Prossesor Core Duo 2Ghz, RAM 1Gb (up to 4Gb), HDD 120Gb, Fanless.

Spek Intel Atom : Prosesor Intel Atom, RAM 1Gb, HDD 80Gb, Power Supply.

source : http://trukiosk.wordpress.com/2009/03/27/frequently-asked-questions-about-kiosk/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates