PARTNER

Minggu, 30 Desember 2012

Apa Itu RFID ?

Sebuah pertanyaan besar yang sekarang sedang mengalami perkembangan dalam implementasi disemua bidang.

Radio Frequency Identification (RFID) adalah proses identifikasi suatu objek dengan menggunakan frekuensi transmisi radio. Frekuensi radio digunakan untuk membaca informasi dari sebuah device kecil yang disebut tag atau transponder (Transmitter + Responder). Tag RFID akan mengenali diri sendiri ketika mendeteksi sinyal dari device yang kompatibel, yaitu pembaca RFID (RFID Reader).
Secara ringkas, mekanisme kerja yang terjadi dalam sebuah sistem RFID adalah bahwa sebuah reader frekuensi radio melakukan scanning terhadap data yang tersimpan dalam tag, kemudian mengirimkan informasi tersebut ke sebuah basis data yang menyimpan data yang terkandung dalam tag tersebut.



Sekarang ini RFID sudah banyak digunakan khususnya sebagai pengganti barcode. Sistem RFID menawarkan peningkatan efisiensi dalam pengendalian inventaris, logistic dan pengendalian rantai pasok yang sekarang sedang menjadi isu yang bayak dibicarakan orang. Dengan banyaknya pemanfaatan RFID, ke depan akan memberikan nilai tambah tersendiri dan juga banyak juga yang mulai khawatir karena dapat mengancam privasi seseorang. Bayangkan jika sesorang ditanam chip RFID maka apa yang dia lakukan akan termonitor dan hal ini akan menimbulkan masalah tersendiri terutama tentang privasi seseorang.

Source : http://andyku.wordpress.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates