PARTNER

Rabu, 08 September 2010

Simulasi Kendali Peralatan Via Internet

Intro Sebelum menginjak permasalahan utama terlebih dahulu kita lihat dari judul tulisan ini, dipilih kata “simulasi” karena system ini masih belum dicoba pada “Real Problem” atau permasalahan nyata yang ada. System ditulisan ini mengacu pada eksperimen yang sudah dilakukan pada jaringan lokal LAN (Local Area Network) dengan 2 (dua) buah komputer, salah satu komputer sebagai server yang terhubung dengan peralatan atau external device melalui port parallel, dan komputer lainnya sebagai client (pengendali). Untuk lebih spesifiknya, komputer server dikondisikan sebagai web server yang berjalan pada sistem operasi windows dengan perangkat lunak yang sudah tidak asing lagi, yaitu xampp (Apache, PHP, MySQL) dan terhubung dengan peralatan yang nantinya akan dikontrol atau dikendalikan. Prinsip kerjanya, komputer client melakukan permintaan (request) ke server, selanjutnya server memberikan respon dengan memberikan halaman web yang diminta oleh client dan dari halaman web yang diberikan itulah client dapat mengendalikan peralatan yang terhubung pada komputer server. Lihat bagan berikut (klik gambar untuk memperbesar) :
 
Gambar 1. Bagan System

Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau software yang digunakan antara lain :
  • Apache
  • PHP
  • MySQL
  • Text Editor (Notepad, Notepad++, Dll)
Perangkat lunak tersebut digunakan pada komputer server. Untuk apache, PHP, dan MySQL dapat menggunakan software XAMPP yang berisi paket ketiga program tersebut. Untuk komputer client disini tidak akan dibahas karena sebagai pengendali, komputer client hanya memerlukan browser dan koneksi internet (terhubung ke server).
Perangkat Keras
Selain perangkat lunak, selanjutnya adalah konfigurasi perangkat keras atau hardware. Untuk simulasi bisa digunakan rangkaian led-led seperti pada gambar berikut :
Gambar2. Parallel port yang terhubung ke LED (sumber http://klik-kanan.com/)
Detail konfigurasi dan fungsi tiap-tiap pin pada parallel port anda dapat merujuk atau mengunjungi link berikut ini : http://id.wikipedia.org/wiki/Port_paralel
Untuk mengakses peralatan yang lebih komplek dan pembebanan yang terlalu berat, perlu ditambahkan sebuah rangkaian penyangga pada output parallel port (Lihat gambar berikut).
Gambar3. Rangkaian Penyangga
Tampilan Screenshot halaman website yang sudah dibuat kurang lebih seperti ini :
Gambar4. Tampilan Website untuk Kendali Peralatan

Source Code lengkap dpt diperoleh by request melalui email heruwidakdo@gmail.com
Sekian tulisan sederhana ini, semoga dapat berkenan dan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan. TerimaKasih sudah bersedia mampir di blog sederhana ini.

Source : http://localhost80.wordpress.com/2010/08/18/simulasi-kendali-peralatan-via-internet/
Share:

1 komentar:

Blog Archive

Blogger templates