PARTNER

Jumat, 24 September 2010

Visual basic 6.0 di windows vista.

20081108-PB0871683 hari yang lalu saya mendapat project 3s  (Sangat Sangat Sederhana) dan lumayan buat beli bakso sama si dia, kebetulan laptop saya menggunakan Microsoft Widows Vista Ultimate sebagai OS utamanya.

Dari apa yang saya baca dan dari omongannya Indra bahwa VB 6.0 tidak bisa dipake di vista karena akan muncul tulisan Error writing to registry. Akhirnya saya memutuskan untuk mencobanya sendiri… install vb sukses di vista tanpa error. Nah setelah ter-install, saya membuka vb dengan cara double click pada icon vb didesktop. Kemudian muncul tampilan project baru, nah ketika memilih jenis project ini ternyata benar..muncul error writing to registry.

Saya berpikir apakah ini adalah bug nya Visual Basic 6.0 atau memang vista nya yang g support yak? Setelah saya googling kesana kesini, saya menemukan ternyata ini adalah karena visual basic ketika dijalankan akan membuat sebuah key registry pada system, setahu saya akan digunakan untuk mengetahui recent project / project terakhir yang digunakan. Nah dikarenakan vista memiliki security yang cukup lumayan –lumayan menjengkelkan– maka dia memblok aktifitas penulisan dalam registry tersebut. Dari masalah ini saya langsung menemukan solusi nya yaitu dengan cara klik kanan pada icon VB lalu pilih “Run as Administrator”. Setelah saya coba ternyata benar dugaan saya, VB langsung bisa digunakan seperti semula hehehe.
Sekian sharing saya, semoga bermanfaat.

Source : http://fahrul.co.cc
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates