PARTNER

Jumat, 09 April 2010

Blade Server

Nggak hanya Motorcyclez yang mengalami evolusi…!!! Demikian juga yang terjadi pada server… perangkat yang mengolah data dan informasi…!!! Jaman dahulu (era jadul)… Server bentuknya sangat besar…!!! Bahkan yang menggunakan transistor… buju buneng… gede nya…!!! Kemudian seiring dengan perkembangan PC yang ‘booming’… bentuk server sudah mengarah ke Tower mode..!!! Dirasa kurang ekonomis, terutama menyita tempat, maka muncul lah teknologi rack-based Server…!!! Rack-based Server… yaitu server yang penempatannya harus di dalam suatu rack…!!! Ukuran nya ada yang 1 U (sekitar 4.4 cm) dan ada yang 2 atau 4 U.. bahkan lebih..!!! Ini juga masih dianggap borozz… Ditanya kenapa..??? Karena 1 rack itu yang tingginya 42 U cuma bisa menampung maksimal 40-41 server…!!! 1 U lagi buat KVM (Keyboard,Video,Mouse) ….!!! Dan muncullah suatu teknologi yaitu blade server…!!!

Dibandingkan dengan rack-based Server, Blade Server ini bisa mencapai 60 server dalam 1 rack server…!!! Bahkan lebih… jika dilihat perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat…!!! Blade Server itu ditancapkan kedalam suatu enclosure…!!! Tiap brand mempunyai design masing-masing…!!! Design hard disk, rata-rata berbentuk hot swap… dalam artian jika ada yang rusak.. tinggal dicabut tanpa adanya down-time..!!! Ada juga yang rodo gelok.. design harddisk nya didalam… sehingga jika mau mengganti hard disk, harus dalam keadaan down-time…!!! Ada juga product blade server, yang bisa ditancapkan… berbagai type processor…!!! Mau yang intel ataupun non-intel.. silahkan tancep… kagak perlu ganti back-plane…!!!

Gimana dengan accesories atau peripheral yang menyertainya…??? Wah ini tinggal tunjuk, dari ethernet card ataupun mau bentuk ethernet switch, mezzanine card atau HBA (Host Bus Adapter ) card sampai SAN (Storage Area Network) Switch… juga ada…!!! Power nya pun sudah redundant… yah gile aza lagi kalau nggak redundant…!!! Demikian juga dengan exhaust fan.. juga redundant… !!! yah mirip… seperti motor kudu ada pendingin…!!! Yang perlu diperhatikan jika menggunakan blade adalah… suhu ruangan..kudu dingin… jangan sampe mati tuh… AC Data Center…!!! Blade menuntut perhatian lebih mengenai hal ini…!!! Yup karena kerapatannya yang tinggi… mirip laagh dengan compression ratio yang tinggi…!!! Server sekarang sudah lebih baik.. jika suhu terlampaui ..otomatiz… auto shutdown…!!! Mirip juga khan … kalau dimotor ada automatic engine cut-off..!!!

Source : http://triatmono.wordpress.com/2008/01/12/blade-server-ramping-dan-powerful/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates