SOFTWARE DEVELOPMENT

We offer full contract turn key software application development services that allow you to focus on your requirements while we turn them into working software product for you.

* Desktop Applications

* Web Applications

* Online (Centerlized) Applications

Tutorial Blog

WEBSITES DEVELOPMENT

In the world of Information Technology we design static websites , dynamic websites, shopping portals and e-commerce solutions in new and attractive look to advertise your company's products.

* Static Websites, * Dynamic Websites

* CMS Based Websites, * E-Commerce Solutions

Tutorial Blog

DOMAIN REGISTRATION

We offers the lowest prices domains. Our domain deals are not bound with hosting. You can enjoy these prices without buying any non domain product from us.

* Cheapest Rates

* More than 40 TLDs

* Full Controll

Tutorial Blog

WEB HOSTING

We offer Windows , Unix hosting on USA based high speed servers with high capacity trafic and fast and secure email accounts.

* Cheapest Rates, * 99.99% Uptime

* USA , UK Based Servers

* 24/7 Online Support

Tutorial Blog

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

We are providing SEO services to bring your website on top pages of different search engines and to bring maximum visitors to your website in order to get maximum advantage in the world of internet.

* Directory Submission, * Link Building

* Blog Postings. * Email Compaign

Tutorial Blog

Mengajarkan Anak Life Skills

Diposting oleh KING'S BARBERSHOP & TATTOO STUDIO On 10.59
Life Skills atau keterampilan hidup adalah keterampilan yang dibutuhkan setiap anak untuk survive dalam pergaulan dan hidupnya. Keterampilan ini dapat membantu mereka untuk dapat memilih hal yang tepat dan menghindar dari situasi yang mungkin dapat menjatuhkan mereka; termasuk memperkuat  pertahanan dan ketahanan mental anak yang membuat mereka resistan (terhadap tawaran narkoba) dan resilient (berkemampuan untuk bertahan) dalam menghadapi masalah hidup.
Untuk menjadi orangtua yang efektif di era kini, Anda perlu memasukan aspek pengajaran life skills atau yang dikenal dengan istilah ‘keterampilan hidup’ kepada anak. Yang termasuk di dalam keterampilan hidup ini dibagi dalam tiga bagian besar, yaitu:


Self-Improvement Skills: Keterampilan yang membangun diri anak (self-esteem, managing feeling/emotions, coping skills, decision making skills)

Relational Skills : Keterampilan yang membangun hubungan antara anak dengan lingkungannya (assertion, handling conflict, building positive relationships)

Lifelong Skills : Keterampilan yang membangun hidup dan masa depan anak yang bertujuan dan bermakna (goal setting, identifying talents/intelligence, the art to live meaningfully).
David Wilmes dalam bukunya Parenting for Prevention (1995) menyebutkan beberapa metode untuk mengajarkan anak berbagai keterampilan hidup:


Modeling adalah sangat penting bagi orangtua untuk menjadi teladan bagi anaknya. Sejak kecil anak memimik apa dan cara orang-tuanya hidup. Perkataan dan perbuatan jelas akan lebih ‘berbicara’ dibanding hanya memberikan nasihat. Bagaimana orangtua mengamalkan keterampilan hidup yang dimilikinya membuat anak belajar dari apa yang dilihatnya dan bukan apa yang dedengarnya saja.

Reinforcement adalah sebuah dorongan yang diberikan orangtua kepada anak saat si anak kedapatan melakukan hal yang baik, yang sesuai dengan harapan anda. Anda dapat memebrikan dorongan secara verbal (“Nak, kami bangga dengan kamu. Kamu bertanggungjawab dan melakukan semua pekerjaanmu dengan baik tanpa disuruh.”) atau nonverbal (memberikan acungan jempol, peluk atau sentuhan). Menurut Wilmes, “menangkap anak di saat berkelakuan baik” dan memberi mereka dorongan dan pujian adalah salah satu metode pengajaran yang sangat berpengaruh dalam perkembangan si anak.

Consistency apa yang anda ajarkan, bagaimana anda hidup, bagaimana anda bereaksi terhadap perbuatan anak dan peraturan yang telah disepakati adalah hal-hal yang orangtua harus lakukan secara konsisten. Jika tidak, hal ini akan membingungkan anak dan mengurangi rasa amannya.

Practice. Practice.Practice Beberapa ahli pendidikan mengatakan life skills perlu dipelajari dan dilatih dalam suasana yang berisiko rendah (dalam suasana rumah/keluarga) dalam rangka mempersiapkan anak untuk mempraktikkannya di lingkungan mereka yang sebenarnya, seperti di sekolah dan dalam lingkungan pergaulannya. Uji coba life skills dalam “lab rumah” ini dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dan mempertajam keterampilan mereka ini untuk menghadapi situasi yang sebenarnya di luar.

Make rooms for mistake Sama seperti belajar naik sepeda, jatuh adalah hal yang lumrah.Pastikan anak anda merasa aman untuk berbuat kesalahan. Kesalahan ini sebenarnya dapat diminimalkan melalui latihan-latihan di atas. Jika anak melakukan kesalahan, upayakan kita tidak langsung’menerkam’mereka karena ini akan membuat mereka takut. Pada saat mereka takut, mungkin kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan tersebut bisa hilang sama sekali dan bisa jadi mereka akan menjadi ekstrem. Sampai mereka dapat misalnya membuat keputusan atas dasar pertimbangan yang baik, orangtua diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan sebagai pembimbing di saat anak membutuhkan nasihat.

Patience Tidak ada kata lain yang tepat untuk orangtua dalam hal mendidik anak. Kesabaran merupakan kunci utamanya walau sering kali sangat sulit untuk dilakukan. Wilmes menganalogika kesabaran seperti otot, semakin dilatih, semakin kuat.

Oleh: Veronica Colondam

Source : http://mbojolab.wordpress.com

Artikel yang berkaitan



Bookmark and Share

0 Response to 'Mengajarkan Anak Life Skills'

Posting Komentar

    Toko Hobby

    JAVADELVA SPA

    LA CENTRO MASSAGE

    LA CENTRO MASSAGE

    GRAND ROYAL SPA

    NAT'S (STUDIO & LABS)

    GRAND ROYAL SPA

    GRAND ROYAL (SPA & CAFE)

    3J SPA

    3J SPA

    PT. VACPACK INDONESIA

    PT. VACPACK INDONESIA

    PT. SURYA CAHAYA VALASINDO

    PT. SURYA CAHAYA VALASINDO

    PT. PERMATA ABADI VALASINDO

    PT. PERMATA ABADI VALASINDO

    MAYATEX

    MAYATEX

    DRITZ

    MILO SPA

    OREN

    PT. SETIA ANUGERAH PERKASA

    CLEAN & GREEN

    THE MAGNOLIA

    EL (LAUNDRY)

    M-ONE SPA

    MARS

    MEN'S HEALTH & LOUNGE

    MOSSEL

    PT. FURNISOURCE INDONESIA

    DRAGON WASH

    DRAGON WASH

    D'LIGHT SPA

    ROYAL PALACE

    ROYAL PALACE

    LA MAESTRO

    LA MAESTRO MASSAGE

    SPA ORANGE

    SPA ORANGE

    ANGGREK REFLEXOLOGY

    ANGGREK REFLEXOLOGY

    TOAC GLASS

    TOAC GLASS

    PT. BCM

    PT. BAHTERA CAHAYA MAS

    PT. ACC

    PT. ACC

    TRIJAYA

    TRIJAYA

    PD. MASA JAYA

    PD. MASA JAYA

    PD. KING ALUMINIUM

    PD. KING ALUMINIUM

    JAYA GLASSINDO SUKSES

    JAYA GLASSINDO SUKSES

    PROGRAM SPA

    PROGRAM SPA
    JASA PEMBUATAN PROGRAM SPA

    Terima kasih atas donasi Anda.
    Semua donasi Anda murni akan
    dipergunakan untuk pengembangan blog ini.

    logo_BCA

    BANK CENTRAL ASIA (BCA)
    No. Rek: 5270.325.540
    a/n : JOHAN.

    Bank Mandiri

    BANK MANDIRI
    No. Rek : 115.00.0507586.8
    a/n : JOHAN

    Bank BNI 46

    BANK BNI 46
    No. Rek : 0318460469
    a/n : JOHAN

    logo_BTN

    BANK BTN
    No. Rek : 00121.01.50.0100100
    a/n : JOHAN

    paypal_logo

    PAYPAL
    JSOFT999@Gmail.com
    a/n : Johan To Siau Siang

    MOBILE

    MOBILE
    GSM : 0813 16 787 999
    0877 11 787 999
    CDMA : 021 - 9771 8999
    BB : 25B28999

    Yahoo Messenger

    YAHOO MESSENGER
    tssjohan@yahoo.com
    johantss@yahoo.com
    a/n : Johan To Siau Siang

    PARTNER

    Pembaca Setia