SOFTWARE DEVELOPMENT

We offer full contract turn key software application development services that allow you to focus on your requirements while we turn them into working software product for you.

* Desktop Applications

* Web Applications

* Online (Centerlized) Applications

Tutorial Blog

WEBSITES DEVELOPMENT

In the world of Information Technology we design static websites , dynamic websites, shopping portals and e-commerce solutions in new and attractive look to advertise your company's products.

* Static Websites, * Dynamic Websites

* CMS Based Websites, * E-Commerce Solutions

Tutorial Blog

DOMAIN REGISTRATION

We offers the lowest prices domains. Our domain deals are not bound with hosting. You can enjoy these prices without buying any non domain product from us.

* Cheapest Rates

* More than 40 TLDs

* Full Controll

Tutorial Blog

WEB HOSTING

We offer Windows , Unix hosting on USA based high speed servers with high capacity trafic and fast and secure email accounts.

* Cheapest Rates, * 99.99% Uptime

* USA , UK Based Servers

* 24/7 Online Support

Tutorial Blog

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

We are providing SEO services to bring your website on top pages of different search engines and to bring maximum visitors to your website in order to get maximum advantage in the world of internet.

* Directory Submission, * Link Building

* Blog Postings. * Email Compaign

Tutorial Blog

Parallel Port Computer & Pemrogramannya Dengan VB6.0

Diposting oleh KING'S BARBERSHOP & TATTOO STUDIO On 10.45
Pendahuluan
Port Parallel banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi Interface. Port ini membolehkan kita memiliki masukan hingga 8 bit atau keluaran hingga 12 bit pada saat  yang bersamaan dengan hanya membutuhkan sedikit rangkaian eksternal sederhana untuk  melakukan suatu tugas tertentu. 
Port Parallel ini terdiri dari :
a. 4 Jalur Kontrol.
b. 5 Jalur Status.
c. 8 Jalur Data.

Port parallel terbaru yang distandarisasi dengan IEEE.1284 yang dikeluarkan pada tahun 1984, mendifinisikan 5 macam mode operasi sebagai berikut : 
1. Mode Kompatibilitas
2. Mode Nibble
3. Mode Byte
4. Mode EPP
5. Mode ECP


Tujuan Standarisasi ini adalah untuk mendesain driver dan perlatan yang baru sehingga  kompatibel dengan peralatan lainnya dan standard parallel port sebelumnya (SPP) yang  diluncurkan pada tahun 1981.
Mode Kompatibilitas, Nibble, dan Byte digunakan sebagai standard perangkat keras yang tersedia di port parallel original. Sedangkan untuk EPP dan ECP membutuhkan tambahan  hardware sehingga mampu bekerja dengan kecepatan tinggi.

Mode Kompatibilitas atau  sering disebut “Centronics” hanya dapat mengirimkan data pada arah maju (dari Host ke  device external) dengan kecepatan 50 Kbyte sampai 150 Kbyte perdetik. Untuk  menerima data harus diubah modenya menjadi mode Nibble atau Byte. Mode Nibble  dapat menerima data 4 bit (Nibble) sedangkan mode Byte dapat menerima data 8 bit (1  byte). 

Penjelasan Umum Port Parallel
Port ECP dan EPP menggunakan tambahan hardware untuk menghasilkan dan mengatur handshaking (Sinyal – Sinyal tanda acknowledge). 
Untuk mengeluarkan sebuah byte ke port parallel dengan menggunakan Mode Kompatibel, maka software harus mempunyai urutan kerja sebagai berikut:
  1. Tuliskan data byte ke jalur Port Data
  2. Periksa apakah printer sedang sibuk?, jika printer sibuk maka printer tidak akan menerima data, yang akan mengakibatkan data hilang.
  3. Menjadikan sinyal Strobe (pin 1) menjadi Low (=0), hal ini berguna untuk memberitahu ke printer bahwa ada data yang siap dikirimkan pada jalur Port Data (pin 2 s/d pin 9)
  4. Jadikan kembali sinyal Strobe High (=1) setelah menunggu kira – kira 5 microsecond dari keadaan pada langkah 3.
Protokol EPP mempunyai empat macam siklus transfer data yang berbeda, yaitu :
  1. Siklus baca data (Data Read)
  2. Siklus baca alamat (Address Read)
  3. Siklus tulis data (Data Write)
  4. Siklus tulis alamat (Address Write)
Siklus data digunakan untuk mentransfer data antara host dan periperal. Siklus alamat digunakan untuk mengirimkan alamat saluran (channel) atau informasi perintah dan kontrol.
Sesuai dengan standard IEEE 1284 ada tiga jenis parallel port yang bisa digunakan :
  1. 1284 Tipe A adalah konektor DB-25 yang banyak dijumpai pada komputer-komputer saat ini
  2. 1284 Tipe B adalah konektor Centronics 34 Pin yang banyak dijumpai pada printer
  3. 1284 Tipe C adalah konektor 36 Pin yang mirip dengan Centronics namun lebih kecil. Konektor ini diklaim memiliki pengunci (Latch) jenis klip (Clip), sifat elektrik yang lebih baik dan mudah dirakit. Juga mengandung pin tambahan yang dapat digunakan untuk mendeteksi apakah piranti yang terpasang memiliki daya atau tidak.
Dadftar pin DB-25 dan Centronics (PS = Printer Status, PC = Printer Control) 
Pin 1. = Strobe’ (Register PC0’)
Pin 2. = Data 0 (Register Data)
Pin 3. = Data 1 (Register Data)
Pin 4. = Data 2 (Register Data)
Pin 5. = Data 3 (Register Data)
Pin 6. = Data 4 (Register Data)
Pin 7. = Data 5 (Register Data)
Pin 8. = Data 6 (Register Data)
Pin 9. = Data 7 (Register Data)
Pin 10. = ACK (Register PS6)
Pin 11. = Busy’ (Register PS7’)
Pin 12. = Paper Out / Paper End (Register PS5)
Pin 13. = Select (Register PS4)
Pin 14. = Autofeed’ (Register PC1’)
Pin 15. = Error (Register PS3)
Pin 16. = Initialize (Register PC2)
Pin 17. = Select in’ (Register PC3)
Pin 18-25. = Ground
Keluaran dari port parallel adalah keluaran TTL, sedangkan arus Sink / Source bervariasi antara port parallel satu dengan yang lainnya. Berdasarkan data sheet kemampuan arus Sink / Source bermacam – macam
  • Sink / Source 6mA
  • Source  12mA Sink 20mA
  • Sink 16mA Source 4mA
  • Sink / Source 12mA
Dengan keterbatasan arus port parallel maka diperlukan rangkaian buffer (penyangga) sehingga tidak membebani arus dari port parallel untuk menyuplai rangkaian luar.

Alamat – Alamat Port Parallel
  • Alamat (dalam format Hexa) 3BC-3BF = Digunakan untuk Port Parallel yang terpadu dengan kartu – kartu Video, tidak mendukung – mendukung alamat alamt ECP
  • Alamat (dalam format Hexa) 378-37F = Biasa digunakan untuk LPT1
  • Alamat (dalam format Hexa) 278-27F = Biasa digunakan untuk LPT2
Alamat dasar 3BCh pertama kali diperkenalkan sebagai alamat port parallel pada card – card video lama.LPT1 biasanya memiliki alamat dasar 378, sedangkan alamat LPT2 adalah 278. ini adalah alamat umum yang biasa dijumpai, namun alamat dasar ini bisa berlainan antara satu komputer dengan komputer lainnya.
Setelah diketahui alamat dari port parallel, maka dapat ditentukan alamat DP (Data Printer), PC (Printer Control) dan PS (Printer Status). Alamat DP adalah base address dari port parallel tersebut, alamat PS adalah (base address + 1), sedangkan alamat PC adalah (base address +2).
List dibawah adalah tabel alamat untuk DP, PC dan PS dengan LPT mempunyai base address 378h
  1. LPT1 DP = Alamat Register 378h / 888
  2. LPT1 PS = Alamat Register 379h / 889
  3. LPT1 PC = Alamat Register 37Ah / 890

Register - register Port Parallel
Register Data Port Parallel ( 378h )
  • Bit 7 (Data 7)
  • Bit 6 (Data 6)
  • Bit 5 (Data 5)
  • Bit 4 (Data 4)
  • Bit 3 (Data 3)
  • Bit 2 (Data 2)
  • Bit 1 (Data 1)
  • Bit 0 (Data 0)
Register Status Port Parallel ( 378h )
  • Bit 7 (Busy’)
  • Bit 6 (Ack)
  • Bit 5 (Paper Out)
  • Bit 4 (Select)
  • Bit 3 (Error)
  • Bit 2 (IRQ’)
  • Bit 1 (Not Used)
  • Bit 0 (Not Used)
Register Kontrol Port Parallel ( 378h )
  • Bit 7 (Not Used)
  • Bit 6 (Not Used)
  • Bit 5 (Aktivasi Port Dwi Arah)
  • Bit 4 (Aktivasi IRQ melalui jalur Ack)
  • Bit 3 (Select In’)
  • Bit 2 (Reset / Inisialisasi)
  • Bit 1 (Autofeed’)
  • Bit 0 (Strobe’)
Mode – Mode Port Parallel Dalam Bios 
Saat ini kebanyakan port parallel merupakan port – port dengan beragam mode dan normalnya dapat dikonfigurasi melalui perangkat lunak. Mode – modenya meliputi :
a. Mode Printer (Default / Normal Mode)
Mode Printer merupakan mode yang paling dasar dan merupakan port parallel standard satu arah. Tidak ada fitur dwi – arah sehingga bit-5 pada port kontrol tidak digunakan
b. Mode Standard & Bi-directional (SPP)
Mode ini merupakan mode dwi-arah. Menggunakan mode ini berarti bit-5 difungsikan untuk membalikkan arah port sehingga dapat membaca kembali nilai yang diberikan pada jalur port data parallel
c. Mode EPP1.7 and SPP
Mode ini merupakan suatu kombinasi dari mode EPP1.7 (Enhanched Parallel Port) dan SPP. Pada mode ini diperbolehkan untuk mengakses register – register SPP (data, status, kontrol) serta register – register EPP. Pada mode ini juga diperbolehkan untuk membalikkan arah port menggunakan bit-5 dari register kontrol. EPP1.7 merupakan versi awal dari EPP yang belum dilengkapi dengan bit untuk time out
d. Mode EPP1.9 and SPP
Seperti mode sebelumnya, hanya saja EPPnya menggunakan versi 1.9 yang sudah dilengkapi dengan bit time-out
e. Mode ECP
Mode ini mempunyai kemampuan tambahan (Extended Capabilities Port). Mode ini dapat diset melalui register kontrol tambahan (Extended Control Register) dari ECP. Hanya saja pada mode ini tidak tersedia mode EPP.
f. Mode ECP and EPP1.7
g. Mode ECP and EPP1.9
Pada kedua mode diatas, tetap menggunakan ECP yang dikombinasi dengan EPP, akan tetapi mode EPP yang digunakan bisa ditentukan lewat ECR (Extended Control Register)nya apakah menggunakan Versi 1.7 atau Versi 1.9

Pengaksesan Port Parallel Dengan VB 
Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus melihat dulu beberapa keterbatasan dalam VB. Karena VB tidak bisa mengakses hardware secara langsung dalam system operasi windows, maka semua permintaan pengaksesan hardware harus melalui windows.Oleh karena itu harus menggunakan program eksternal untuk melakukan pengaksesan hardware secara langsung pada program. Program tersebut berupa file DLL (Dynamic Link Library)
File DLL ini harus diletakkan (di copy-kan) ke direktori / folder “ //windows/system “ atau diikutkan dalam satu folder program yang kita buat.
File DLL yang akan digunakan nanti adalah "inpout32.dll“ Sebelum kita menggunakan fungsi – fungsi yang ada dalam file DLL ini terlebih dahulu harus di deklarasikan di VB kedalam module. 
Cara mendeklarasikannya adalah : 
Public Declare Function Inp Lib "inpout32.dll" _
            Alias "Inp32" (ByVal PortAddress As Integer) As Integer
Public Declare Sub Out Lib "inpout32.dll" _
            Alias "Out32" (ByVal PortAddress As Integer, ByVal   Value As Integer) 
Jika file DLL tersebut  telah dideklarasikan seperti diatas, maka fungsi Out (untuk mengeluarkan data) dan Inp (untuk membaca data) siap digunakan pada VB. Untuk mengirim data pada port parallel, digunakan fungsi Out . Sintak penulisannya adalah sebagai berikut : 
            Out [Alamat Port], [Nilai] 
Perintah diatas membutuhkan dua parameter, yaitu alamat port dan nilai data yang dikirimkan pada port tersebut.Karena tiap port hanya 8 jalur data, maka hanya bisa mengirim nilai maksimum = 255 (FFh/11111111b) ke port yang diinginkan 
Contoh berikut mengilustrasikan cara men-set bit ke port parallel 
Out &H378, 1 à Men-set bit 0 pada port parallel (alamat 378h)
                                    ‘1 = 0000 0001b
Out &H378, 2 à Men-set bit 1 pada port parallel (alamat 378h)
                                    ‘2 = 0000 0010b
Out &H378, 4 à Men-set bit 2 pada port parallel (alamat 378h)
                                    ‘4 = 0000 0100b
Out &H378, 8 à Men-set bit 4 pada port parallel (alamat 378h)
                                    ‘8 = 0000 1000b

Untuk men-set bit lebih dari satu bit 
Out &H378, 7 à Men-set bit 0,1,2 pada port parallel (alamat                                             378h)      ‘7 = 0000 0111b 
Setiap kita menset bit dengan cara diatas maka keadaan bit yang lainnya akan terhapus, untuk mengatasi hal ini akan diselesaikan dengan bantuan perintah Inp
Cara membaca data dari port parallel adalah sama mudahnya, sintak penulisannya adalah sebagai berikut :
            Text1.Text = Inp(&H378)
            [Variabel Simpan] = Inp [Alamat Port] 
Setelah mengetahui cara membaca data di port parallel, maka dengan bantuan cara tersebut bisa digunakan untuk menset satu bit tertentu tanpa merubah nilai bit lainnya.
Private Sub Command5_Click()
            Dim input_sementara, nilai_Baru As Byte
            input_sementara = Inp(&H378)
            nilai_Baru = input_sementara Or 1
            Out &H378, nilai_Baru
End Sub

Source : http://iddhien.com/ 

Artikel yang berkaitan



Bookmark and Share
Label: |

0 Response to 'Parallel Port Computer & Pemrogramannya Dengan VB6.0'

Posting Komentar

    Toko Hobby

    JAVADELVA SPA

    LA CENTRO MASSAGE

    LA CENTRO MASSAGE

    GRAND ROYAL SPA

    NAT'S (STUDIO & LABS)

    GRAND ROYAL SPA

    GRAND ROYAL (SPA & CAFE)

    3J SPA

    3J SPA

    PT. VACPACK INDONESIA

    PT. VACPACK INDONESIA

    PT. SURYA CAHAYA VALASINDO

    PT. SURYA CAHAYA VALASINDO

    PT. PERMATA ABADI VALASINDO

    PT. PERMATA ABADI VALASINDO

    MAYATEX

    MAYATEX

    DRITZ

    MILO SPA

    OREN

    PT. SETIA ANUGERAH PERKASA

    CLEAN & GREEN

    THE MAGNOLIA

    EL (LAUNDRY)

    M-ONE SPA

    MARS

    MEN'S HEALTH & LOUNGE

    MOSSEL

    PT. FURNISOURCE INDONESIA

    DRAGON WASH

    DRAGON WASH

    D'LIGHT SPA

    ROYAL PALACE

    ROYAL PALACE

    LA MAESTRO

    LA MAESTRO MASSAGE

    SPA ORANGE

    SPA ORANGE

    ANGGREK REFLEXOLOGY

    ANGGREK REFLEXOLOGY

    TOAC GLASS

    TOAC GLASS

    PT. BCM

    PT. BAHTERA CAHAYA MAS

    PT. ACC

    PT. ACC

    TRIJAYA

    TRIJAYA

    PD. MASA JAYA

    PD. MASA JAYA

    PD. KING ALUMINIUM

    PD. KING ALUMINIUM

    JAYA GLASSINDO SUKSES

    JAYA GLASSINDO SUKSES

    PROGRAM SPA

    PROGRAM SPA
    JASA PEMBUATAN PROGRAM SPA

    Terima kasih atas donasi Anda.
    Semua donasi Anda murni akan
    dipergunakan untuk pengembangan blog ini.

    logo_BCA

    BANK CENTRAL ASIA (BCA)
    No. Rek: 5270.325.540
    a/n : JOHAN.

    Bank Mandiri

    BANK MANDIRI
    No. Rek : 115.00.0507586.8
    a/n : JOHAN

    Bank BNI 46

    BANK BNI 46
    No. Rek : 0318460469
    a/n : JOHAN

    logo_BTN

    BANK BTN
    No. Rek : 00121.01.50.0100100
    a/n : JOHAN

    paypal_logo

    PAYPAL
    JSOFT999@Gmail.com
    a/n : Johan To Siau Siang

    MOBILE

    MOBILE
    GSM : 0813 16 787 999
    0877 11 787 999
    CDMA : 021 - 9771 8999
    BB : 25B28999

    Yahoo Messenger

    YAHOO MESSENGER
    tssjohan@yahoo.com
    johantss@yahoo.com
    a/n : Johan To Siau Siang

    PARTNER

    Pembaca Setia