PARTNER

Sabtu, 06 Maret 2010

Apa itu GPRS ?

General Packet Radio Service (GPRS) Pembuka Jalan Menuju Dunia 3GGPRS atau General Packet Radio Service merupakan implementasi teknologi packet-switching pada lingkungan GSM (Global System for Mobile Communications), sebagai pengembangan lebih lanjut dari teknologi GSM generasi ke-2 (2G). GPRS pada dasarnya adalah sebuah teknologi circuit-switching. Teknologi ini sering juga disebut teknologi GSM fase 2+ sebelum menuju teknologi 3G yang merupakan teknologi packet-switching. Dalam teknologi packet-switching, koneksi ke jaringan hanya dilakukan pada saat ada data yang dikirim sekaligus dalam satu paket.


Teknologi ini lebih efisien dibandingkan dengan koneksi permanen pada teknologi circuit-switching, serta memungkinkan kecepatan transmisi data sampai dengan 115kbps, dibandingkan dengan 9.56kbps pada sistem GSM 900. Implementasi GPRS memungkinkan penerapan Internet Protokol (IP) pada jaringan GSM disamping interkoneksi dengan jaringan data lain melalui protokol standar seperti TCP/IP atau X.25. Pemakaian spektrum gelombang yang lebih efisien juga memungkinkan operator GSM untuk menghadirkan beragam jenis layanan nilai tambah untuk pemilihan segmen pasar yang lebih besar, sehingga lebih menguntungkan pengguna jasa selular.

Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah :


  • SGN (Serving GPRS Support Node).



  • Adalah gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, dan registrasi pelanggan baru.
  • PCU.



  • Komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS.

    Cara kerja GPRS, adalah sebagai berikut :
    1. Mengirim paket ke Mobile Station (MS) dalam satu area.
    2. Mengirim sejumlah pertanyaan ke HLR untuk memperoleh profil data pelanggan GPRS (management mobility).
    3. Mendeteksi MS-GPRS yang baru dalam satu area servis yang menjadi tanggung jawab (location management).
    4. SGSN dihubungkan ke BSS pada GSM dengan koneksi Frame Relay melalui Packet Control Unit di dalam BSC

    General Packet Radio Service (GPRS) Pembuka Jalan Menuju Dunia 3G
    GGSN bertugas sebagai interface ke jaringan IP external (seperti public internet atau mobile service provider), serta mengupdate informasi routing dari PDU (Protocol Data Units) ke SGSN. GPRS menggunakan sistem komunikasi paket switch untuk mentransmisi datanya. Paket switch adalah sebuah sistem dimana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket), lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula.

    Sistem ini dapat mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket per detiknya. Transmisi dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP Backbone. Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain, maka biaya akses GPRS secara teori lebih murah dari biaya akses CSD. GPRS didesian untuk menyediakan layanan transfer packet data pada jaringan GSM dengan kecepatan yang lebih baik dari GSM. Kecepatan yang lebih baik ini didapat dengan menggunakan codig scheme (CS) yang berbeda dari GSM.

    Jadi, intinya adalah teknologi GPRS merupakan teknologi pengembangan dan tentunya lebih baik dari teknologi GSM.
    Source : http://www.belajar-sendiri.com/2009/10/general-packet-radio-service-gprs.html
    Share:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Blog Archive

    Blogger templates