PARTNER

Minggu, 28 Maret 2010

Memilih Nama Domain untuk Blog / Website

Di dalam dunia internet ada 2 hal yang harus kita miliki ( baik berbayar / gratis ) yaitu :
  1. Domain
  2. Hosting
Di Artikel ini saya akan menulis ” Bagaimana Cara Memilih Nama Domain yang Bagus dan Mempunyai Nilai Tinggi ? ” .
Domain adalah nama unik yang digunakan sebagai nama server / hosting dan juga sebagai pengganti  IP Address . Contoh Frisnanda.com , Goseon.com , Coffeblog.com . Dimanakah kita dapat membeli domain ?? , Kita dapat membeli domain ( kontrak 1 tahun ) di Market Penyedia Layanan Domain contohnya saja Godaddy.com , Name.com dll . Mungkin dari sini anda bisa mengerti apakah domain itu dan mengapa domain sangat penting di dalam dunia internet .
Kembali ke pokok bahasan ” Pemilihan Nama Domain “, ada beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih nama domain, yaitu :
1. Fungsi Blog / Website
Sebelum memilih nama domain anda harus mengetahui untuk apa anda membuat blog atau website tersebut ? , jika website tersebut untuk pribadi ( anda akan lebih mudah memilih nama domain , dikarenakan nama domain sesuai apa yang sedang anda inginkan ). Beda bila anda memilih nama domain untuk perusahaan ( anda harus mengetahui dan mempunyai nama domain yang cocok untuk perusahaan anda ).

2. Niche ( Kategori Website / Blog )
Dalam dunia blog ada yang namanya niche, apakah anda tau niche itu apa ?, niche yaitu suatu pengelompokan menurut kategori content tertentu . Mungkin anda cukup bingung dengan uraian saya, tapi lihat contoh berikut : Niche – Business , Niche – Home Improvement , Niche – Health .
3. Keyword ( Kata Kunci Website / Blog )
Jika anda tidak bisa mencari nama Domain yang sesuai menurut niche / kategori sebaiknya anda memilih nama Domain menurut Kata Kunci yang anda inginkan.
Itulah 3 Kunci pokok anda dalam mencari Nama Domain, memang saat ini memang sangat sulit mencari nama domain yang baik dan mempunyai nilai tinggi . Tapi anda harus bisa berfikir dalam memilih nama domain tersebut.
Tips
Menurut pendapat saya ( sesuai ilmu yang saya pelajari ) anda harus memperhatikan 3 faktor diatas, yaitu : Fungsi , Niche , Keyword . Contoh : Saya akan memilih sebuah nama domain untuk sebuah blog yang berfungsi sebagai Nama Perusahaan / Group / Forum / Organisasi , dan blog / website ini akan saya buat tentang Jual Beli Links , saya akan mengambil keyword Text Links Ads ( atau semua keyword yang berhubungan dengan Jual Beli Links ) dan tentunya saya akan mencari pengunjung / traffic dari negara lain ( yang menggunakan Keyword Dalam Bahasa Inggris ) .
Domain yang saya pilih adalah Avlinkads.com
Alasannya :
Avlinkads.com kepanjangan dari Available Link Ads minimal saya harus mengincar kata kunci ( keyword ) Link Ads sesuai dengan kategori yang saya ambil yaitu tentang Jual Beli Links . Dan dalam Nama Domain ini saya mengambil nama inggris karena anda tentu mengerti kalau saya akan mengambil traffic dari USA , UK dll . Mengapa saya tidak mengambil traffic dari Indonesia ??? , Karena Indonesia itu negara Publisher, dan butuh waktu lama untuk menjadi Negara Asal Advertiser .

Source : http://coffeblog.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates