PARTNER

Sabtu, 06 Maret 2010

Apa itu VOIP ?

Sekilas Tentang Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah sebuah metode untuk mengirimkan sinyal suara analog yang seperti biasanya kita sering dengan di telepon atau orang yang berbicara, lalu diubah ke dalam data digital dan kemudian dikirimkan melalui jaringan internet. Inilah fasilitas teranyar yang ditawarkan internet kepada penjelajahnya. Dengan VoIP, kita bisa berbicara layaknya telepon biasa. Namun perbedaanya adalah kita tidak akan dikenakan tarif pulsa seperti telepon pada umumnya. VoIP sering juga disebut IP Thelephony, Broadband Phone, Internet Phone, dan sebagainya.


Jangkauan VoIP ini mencakup seluruh jagad raya ini. Jadi, kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan sambungan ke luar negeri. Teknologi untuk melakukan pembicaraan suara melalui internet muncul sejak tahun 1990. Sebenarnya, sejak internet dan jaringan mulai dikenal pada tahun 1973, teknologi untuk mentransmisi suara melalui jaringan sudah menarik minat para ahli untuk mengembangkannya.


Pada tahun 1996, munculah Vocatec Internet Release 4 yang memperkenalkan VoIP kepada masyarakat dunia dengan fiturnya voice mail dan caller ID. Namun Volcatec hanya dapat digunakan antar sesama pengguna saja. Belum bisa berhubungan dengan POTS (Plain Old Telephone Service) atau yang biasa kita kenal dengan telepon rumah.

Ada beberapa alternatif untuk penggunaan VoIP, yaitu:
  1. ATA (Analog Telephone Adaptor)
  2. Yaitu sebuah adaptor untuk menghubungkan antara telepon analog dengan jaringan internet atau VoIP. Alat ini mengubah suara analog dari telepon analog menjadi suara digital untuk dikirimkan melalui jaringan internet.
  3. Ip Telephony.
  4. Yaitu, telepon layaknya telepon biasa yang mempunyai headset dan tombol untuk nomor, tapi perbedaannya adalah pada slot sambungan kabelnya. Ada jenis slot pada IP Telephony yaitu RJ11, seperti pada telepon biasa dan RJ45 untuk kenoksi ke internet.
  5. PC to PC VoIP.
  6. Yaitu penggunaan VoIP antar pengguna komputer yang terhubung dengan akses internet. Kita hanya tinggal meng-installsoftware yang menggunakan layanan VoIP. Salah satu sofware yang terkenal adalah Skype. Skype memungkinkan kita untuk menikmati layanan VoIP dengan sesama pengguna Skype atau bahkan kita juga bisa berhubungan dengan telepon rumah atau telepon selular dengan Skypeout.
Banyak sekali keuntungan menggunakan teknologi VoIP. Namun, teknologi ini belum bisa dimasyarakatkan di Indonesia karena belum ada peraturan perundang-undangan yang mengatur telekomunikasi menggunakan VoIP. Selain itu, kualitas suara dari teknologi ini sangat bergantung pada bandwith internet yang digunakan. Jadi kita tunggu saja penerapan dari teknologi VoIP ini di Indonesia.

source : http://www.belajar-sendiri.com/2010/01/sekilas-tentang-teknologi-voip-voice.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates